CVT Honda Vario Bunyi Aneh Saat Langsam? Gara-gara Part Ini Sob

TVTOGEL – Bunyi aneh pada CVT (Continuously Variable Transmission) Honda Vario saat dalam kondisi langsam (idle)

bisa disebabkan oleh beberapa faktor, dan salah satu yang umum adalah masalah pada komponen roller

atau variator. CVT pada sepeda motor memang cukup sensitif, dan jika ada bagian yang mulai aus atau rusak, suara yang tidak biasa bisa muncul.

Roller Aus atau Tidak Rata
Roller adalah komponen yang berfungsi untuk mengubah rasio gigi dalam sistem CVT. Jika roller sudah aus atau tidak rata, bisa menimbulkan suara berisik, terutama saat idle atau mesin dalam putaran rendah. Biasanya, roller yang aus atau cacat tidak dapat bergerak dengan mulus di dalam variator, menyebabkan getaran dan suara yang tidak normal.

Variator Kotor atau Rusak
Variator adalah bagian yang mengatur perubahan rasio gigi pada CVT. Jika ada kotoran yang menempel atau beberapa komponen variator mulai rusak, suara aneh bisa terdengar saat motor dalam keadaan langsam. Variator yang tidak bergerak dengan lancar juga bisa menyebabkan suara yang kurang nyaman.

V-Belt Longgar atau Aus
V-belt adalah komponen yang mentransmisikan tenaga dari mesin ke roda belakang. Jika V-belt sudah aus atau terlalu longgar, bisa menyebabkan ketegangan yang tidak merata, mengakibatkan suara berisik, terutama pada saat motor tidak bergerak banyak (seperti saat idle).

Puli Sekunder Rusak
Puli sekunder adalah bagian yang bekerja dengan V-belt untuk menyalurkan tenaga dari variator ke roda belakang. Jika puli sekunder mengalami masalah, misalnya adanya keausan atau ketidakseimbangan, bisa menyebabkan suara berisik saat motor berada dalam kondisi idle.

Kurangnya Pelumasan
CVT membutuhkan pelumasan yang baik agar komponen-komponennya dapat bergerak dengan lancar. Jika oli CVT sudah kering atau kurang, gesekan antara komponen bisa menimbulkan suara berisik.

Jika bunyi aneh itu terjadi terus-menerus, disarankan untuk membawa motor ke bengkel resmi atau mekanik terpercaya untuk pemeriksaan lebih lanjut. Biasanya, mekanik akan memeriksa komponen seperti roller, variator, V-belt, dan puli untuk melihat apakah ada yang aus atau perlu diganti.

Penting untuk menjaga perawatan CVT agar motor tetap bekerja optimal dan menghindari kerusakan lebih lanjut. Kalau kamu mengalami masalah ini, apakah suara tersebut terjadi terus-menerus atau hanya sesekali?

Sumber: ptslot.my.id

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *